BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Teori Behavioristik dan Landasan Filosofinya
Teori Belajar behavioristik adalah teori belajar yang
menekankan pada tingkah laku manusia sebagai akibat dari interaksi antara
stimulus dan respon. Teori Behavioristik merupakan sebuah teori yang dicetuskan
oleh Gage dan Berliner. Kemudian teori ini berkembang menjadi aliran psikologi
belajar yang berpengaruh terhadap pengembangan teori pendidikan dan
pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini menekankan
pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori
behavioristik dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang
belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan
menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan
semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman.
Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan
perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang
berupa stimulus dan output yang berupa respon.
Stimulus adalah segala hal yang diberikan oleh guru
kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap
stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus
dan respon tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur. Yang dapat diamati
adalah stimulus dan respon. Oleh karena itu sesuatu yang diberikan oleh guru
(stimulus) dan sesuatu yang diterima oleh pelajar (respon) harus dapat diamati
dan diukur. Teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu
hal penting untuk melihat perubahan tingkah laku tersebut terjadi atau tidak.
Terdapat
beberapa pandangan tokoh-tokoh tentang pendekatan behaviorisme yang dikemukakan
oleh beberapa ahli, diantaranya sebagai berikut.
1. Pavlov
2. Thorndike
3. Watson
4. Clark Hull
5. Edwin Guthrie, dan
6. Skiner
Masing-masing
tokoh memberikan pandangan tersendiri tentang apa dan bagaimana behavoristik
tersebut.
2.2 Teori Behaviorisme Menurut
Ivan Pavlov
Teori ini mengatakan bahwa
setiap rangsangan akan menimbulkan gerak balas. Gerak balas ialah apa sahaja
tingkah laku yang timbul akibat daripada rangsangan. Manakala rangsangan pula
adalah apa sahaja bentuk tenaga yang menimbulkan gerak balas pembelajaran boleh
berlaku akibat kaitan di antara rangsangan dengan gerak balas. Rangsangan juga
boleh dikaitkan dengan satu rangsangan yang lain untuk mendatangkan
pembelajaran. Pembelajaran yang berlaku karena perkaitan di namakan pelaziman
manakala pembelajaran akibat dari perkaitan dua rangsangan di namakan pelaziman
klasik ( Classical Conditioning )
Sebagai contoh apabila guru
memberikan arahan supaya murid mengangkat tangan, maka murid dengan cepat akan
mengangkat tangannya. Arahan ialah rangsangan, manakala tindakan mengangkat
tangan ialah gerak balas. Hasil daripada kajiannya, Pavlov berpendapat bahwa
pembelajaran boleh berlaku kesan daripada kaitan antara rangsangan dengan
gerakbalas. Pembelajaran yang berlaku melalui perkaitan tersebut dinamakan
sebagai pelaziman dan pembelajaran yang berlaku akibat dua ransangan ini dikenali
sebagai pelaziman klasik. Pelaziman klasik ini termasuklah mengaitkan
simbol-simbol dengan apa yang dilambangkan, mengaitkan nama dengan watak,
mengaitkan istilah teknik di dalam fisik dengan apa yang dimaksudkan atau
mengaitkan tarik dengan peristiwa
Menurut Ragbir Kaur Joginder Singh (2010), beliau menyatakan bahawa terdapat tiga prinsip asas di dalam eksperimen Ivan Pavlov. Prinsip tersebut ialah:
Menurut Ragbir Kaur Joginder Singh (2010), beliau menyatakan bahawa terdapat tiga prinsip asas di dalam eksperimen Ivan Pavlov. Prinsip tersebut ialah:
1. Setiap
rangsangan akan menimbulkan gerak balas
2.
Pembelajaran berlaku akibat
kaitan antara rangsangan dan gerak balas
3. Pembelajaran
yang berlaku akibat perkaitan di antara dua rangsangan dinamakan pelaziman
2.3 Teori pelaziman klasik ( Classical Conditioning ) Ivan Pavlov
Teori pelaziman klasik
adalah tentang tingkah laku pembelajaran yang telah dipelopori oleh Ivan Pavlov
( 1849-1936). Pada tahun 1980-an. Pavlov mengkaji fungsi pencernaan pada anjing
dengan melakukan pemerhatian pada kelenjar air liur. Dengan cara itu, beliau
dapat mengumpulkan, menyukat dan menganalisis air liur hewan itu dan bagaimana ia
dapat diberikan makanan pada keadaan yang berbeda. Beliau sadar anjing akan
mengeluarkan air liur sebelum makanan sampai ke mulutnya dan mencari hubungan
timbal balik antara air liur dengan aktiviti perut. Pavlov hendak melihat
rangsangan luar dapat mempengaruhi proses ini.
Oleh itu contoh paling awal
dan terkenal bagi pelaziman klasik melibatkan pelaziman air liur pada anjing
kajian Pavlov. Berikut adalah tahap-tahap eksperimen dan penjelasan:
Pertama,
apabila anjing diberikan makanan (Ransangan Tidak Terlazim – RTT ) maka secara
refleks anjing akan mengeluarkan air liur( Gerakbalas Tidak Terlazim – GTT. ).
Kedua,
Jika lonceng dibunyikan ( Ransangan neutral – RN ) maka anjing tidak memberi
respon atau mengeluarkan air liur.
Ketiga,
Dalam eksperimen ini anjing diberikan makanan (Ransangan Tidak
Terlazim – RTT ) setelah mendengar bunyi loceng (Ransangan Terlazim – RT ) terlebih dahulu, anjing akan mengeluarkan air liur akibat pemberian makanan.
Terlazim – RTT ) setelah mendengar bunyi loceng (Ransangan Terlazim – RT ) terlebih dahulu, anjing akan mengeluarkan air liur akibat pemberian makanan.
Keempat.
Setelah perlakuan ini dilakukan secara berulang-ulang, maka
ketika anjing mendengar bunyi loceng (Ransangan Terlazim – RT ) tanpa diberikan
makanan, secara automatik anjing akan memberikan respon berupa keluarnya air
liur dari mulutnya ( GerakbalasTerlazim – GT ).
ketika anjing mendengar bunyi loceng (Ransangan Terlazim – RT ) tanpa diberikan
makanan, secara automatik anjing akan memberikan respon berupa keluarnya air
liur dari mulutnya ( GerakbalasTerlazim – GT ).
Dalam eksperimen ini
menunjukkan bagaimana cara untuk membentuk perilaku anjing agar ketika
mendengar bunyi loceng ia akan memberi respon dengan mengeluarkan air liur
walapun tanpa diberikan makanan. Karena pada awalnya anjing tidak memberi
respon apapun ketika mendengar bunyi loceng. Jika anjing secara terus menerus
diberikan ransangan berupa bunyi loceng dan kemudian mengeluarkan air liur
tanpa diberikan sebuah hadiah berupa makanan.
Maka kemampuan stimulus
terkondisi (bunyi bel) untuk menimbulkan respons (air liur) akan hilang. Hal
ini disebut dengan extinction atau penghapusan.
Pavlov mengemukakan empat peristiwa eksperimental dalam proses akuisisi dan penghapusan sebagai berikut:
Pavlov mengemukakan empat peristiwa eksperimental dalam proses akuisisi dan penghapusan sebagai berikut:
Konsep Keterangan Ransangan
tidak terlazim sesuatu yang mampu menghasilkan suatu gerak balas. Contoh:
makanan Gerak balas tidak terlazim sesuatu yang dihasilkan oleh sesuatu rangsangan.
Contoh: lelehan air liur Ransangan terlazim ransangan yang baru yang diberi
bersama ransangan lama. Contoh: loceng Gerak balas terlazim Gerak balas yang
dihasilkan oleh ransangan baru setelah dipadankan dengan ransangan lama.
Contoh: lelehan air liur
Dalam eksperimen ini
menunjukkan bagaimana cara untuk membentuk perilaku anjing agar ketika
mendengar bunyi loceng ia akan memberi respon dengan mengeluarkan air liur
walapun tanpa diberikan makanan. Kerana pada awalnya anjing tidak memberi respon
apapun ketika mendengar bunyi loceng. Jika anjing secara terus menerus
diberikan ransangan berupa bunyi loceng dan kemudian mengeluarkan air liur
tanpa diberikan sebuah hadiah berupa makanan. Maka kemampuan stimulus
terkondisi (bunyi bel) untuk menimbulkan respons (air liur) akan hilang. Hal
ini disebut dengan extinction atau
penghapusan.
DAFTAR PUSTAKA
Daulay, Syahnan. 2011. Pemerolehan dan Pebelajaran
Bahasa. Bandung. Citapustaka Media Perintis
Brown. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.
http://peoplelearn.homestead.com/psychlearncontent2a.html,
http://teori behavioristik versi Ivan Pavlov. html
Brown. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.
http://peoplelearn.homestead.com/psychlearncontent2a.html,
http://teori behavioristik versi Ivan Pavlov. html
Harrah's Resort Atlantic City - MapyRO
BalasHapusLocated 의왕 출장샵 in 군포 출장샵 Atlantic City, Harrah's Resort Atlantic City 당진 출장샵 is a 5-star hotel with a casino, a 시흥 출장샵 full-service spa, and a casino. Harrah's Rating: 8.1/10 · 2,755 reviews 김제 출장안마 · Price range: $$